Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Tanda Orang Yang Berhasil Menuju Allah

Tanda Orang Yang Berhasil Menuju Allah




 

“Setengah dari tanda-tanda keberhasilan (ketulusan) pada akhir tujuan adalah kembalinya kepada Allah Yang Maha Luhur pada awal tujuan itu”. (Syaikh Ibnu ‘Atho’Illah)

Segala sesuatu atau segala akibat itu timbulnya dari sebab atau awalannya. Kalau awalnya baik, maka akibatnya akan baik. Begitu pula kalau sebab atau awalnya buruk, maka akibatnya juga akan buruk.

Demikian halnya pula dengan seseorang yang sedang menuju kepada Allah, tanda orang yang berhasil menuju Allah, jika perjalanannya tersebut diawali dengan permulaan yang baik, misalnya dengan banyak berdzikir, beristiqhfar, dan amalan-amalan lain yang berguna untuk mendekatkan dirinya kepada Allah S.W.T.

Kita pun sebagai umat yang beriman, harus pula berusaha untuk menuju kepada-Nya dengan jalan banyak melakukan ibadah dan segala apa yang diperintahkan Allah melalui Rasul-RasulNya, sebagaimana yang tersebut dalam Al-Qur’an Surat Al-Fathihah ayat 5 yang artinya :
“Hanya kepada Mulah kami menyembahMu dan hanya kepadaMulah kami memohon pertolongan”.

Dari terjemahan ayat di atas, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa sebelum meminta pertolongan kepada-Nya, kita diharuskan untuk terlebih dulu banyak menyembah dan beribadah kepada-Nya. Dengan cara ini, insyaAllah segala apa yang kita minta akan dikabulkan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2017 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better