Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Tanaman Juga Bisa Melakukan Tipuan

Tanaman Juga Bisa Melakukan Tipuan




 

Ternyata, tanaman juga bisa melakukan tipuan terhadap serangga musuhnya dan menggunakan taktik “penipuan” itu dengan cara yang sangat baik untuk keamanannya. Untuk menjalankan taktik ini, ada yang dengan cara menggambar pola seperti seorang seniman, atau menghasilkan bau-bauan atau hormon pembunuh seperti layaknya seorang ahli kimia. Kompleksitas dari perilaku ini sangat menakjubkan.Tidak hanya manusia saja, tanaman juga bisa melakukan tipuan.Dan yang paling luar biasa, tanaman tersebut melakukan kesemuanya meskipun ia tidak memiliki otak. Mereka tidak punya kemampuan untuk berfikir dan bahkan organ-organnya tidak mampu merasakan pola atau bebauan yang mereka itu.

Tentang pola peniruan ini dari beberapa penelitian ternyata telah ditemukan pola dengan bentuk rumit layaknya ulat, semut atau kumbang daun pada tanaman yang diperiksa. Sebuah benih bermantel menyerupai seekor ulat atau beberapa pola pada tubuh tanaman yang terlihat seperti kutu, seolah-olah menandakan adanya kehidupan yang membahayakan. Semua pola ini bekerja sebagai sebuah sinyal untuk melawan serangga musuhnya.

Baca juga : Proses Terjadinya Hujan Di Dalam Al-Qur’an

Ada pula tanaman yang terlihat seperti terkena penyakit dan memberi kesan bahwa ia saat ini bisa menyebarkan penyakit bagi serangga yang akan menyerang. Sehingga serangga yang menemukan tanaman ini dengan cepat akan kehilangan ketertarikannya dan akan pindah menyerang tanaman lainnya.

Ilmuwan bernama Simcha Levyadun dan Moshe Inbar dari Universitas Haifa Oranim menyatakan bahwa mereka telah menemukan setengah lusin tipe-tipe tanaman “penipu” yang memperdaya ketika mereka melakukan penelitian di Israel saja. Levyadun mengatakan bahwa tanaman-tanaman ini sangat sempurna dalam menipu. Bahkan seorang temannya yang melihat gambarnya tidak menyadari bahwa ini adalah tanaman, walaupun ia adalah seorang ilmuwan.

Sebuah tanaman dari keluarga Xanthiun Strumarium membuat dirinya tampil seperti telah dirusak oleh tentara semut. Serangga dari semut dalam sebuah bala tentara bisa menghabisi banyak hewan lainnya. Dengan faktor intimidasi semut, tanaman menggunakan cara ini untuk melawan hewan-hewan. Lev-Yadun mengatakan “Saya yakin di sana ada ribuan jenis tanaman yang menintimidasi serangga”. Tapi bagaimana perilaku pintar ini bisa terjadi?

Tentunya, taktik rumit ini, sistem cerdas dan efektif ini tidak terjadi pada tanaman dengan kebetulan. Karena, tidak ada kebetulan bisa menghasilkan sebuah sistem yang rumit. Ini adalah bukti nyata bahwa perilaku ini adalah inspirasi dari Allah yang Mahakuasa. Allah mengontrol segalanya yang hidup dan tidak hidup, setiap momennya dan pemiliknya dari segalanya di alam semesta. “Milik Allah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS Al-Maidah : 120)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2018 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better