Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Mengapa Harus Menerima Ketentuan Allah Dengan Ikhlas ?

 Mengapa Harus Menerima Ketentuan Allah Dengan Ikhlas ?




 

“Tidak meninggalkan kedunguan sedikitpun (sangat bodoh) orang yang menghendaki perubahan di dalam waktu (yang telah ditentukan) menuju kelain waktu yang Allah telah menampakkannya di dalam waktu itu”. (Syaikh Ibnu ‘Athoi’Illah)

Mengapa harus menerima ketentuan Allah dengan ikhlas ? Adalah sudah menjadi keyakinan orang-orang mukmin, bahwa Allah adalah Dzat Ynag Maha Menentukan segala-galanya di dunia ini. Kehendak dan irodat-Nya sedikitpun tidak ada dapat menghalangi atau mengubahnya.

Perhatikan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ar-Ro’d ayat 8 yang artinya :
“Dan segala sesuatu pada sisi Allah adalah dengan ketentuan takdir”.

Karena itu kita sebagai hamba-Nya, yang tidak mampu sedikitpun menentukan kehidupan kita sendiri. Hendaknya berusaha atau berikhtiar dengan sekuat tenaga dan kemudian dengan rela dan lapang dada menerima hasilnya yang memang sudah merupakan ketentuna Allah. Dan sesungguhnya ketentuan Allah tersebut adalah juga merupakan nikmat yang harus kita syukuri, sebagaimana Rasulullah juga mensyukuri nikmat yang telah diterimanya :
“Ya Allah ya Tuhan kami, jagalah kami agar selalu ingat kepada-Mu, dan tetap bersyukur kepada-Mu, serta jadikanlah kami termasuk orang yang bagus di dalam mengabdi kepada-Mu”.

Demikian itulah doa yang sering diucapkan Rasulullah pada tiap-tiap selesai melaksanakan sholat fardhu untuk mensyukuri nikmat yang telah diterimanya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2018 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better