Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Manfaat Puasa Menurut Para Ilmuwan

Manfaat Puasa Menurut Para Ilmuwan




 

Puasa memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk kesehatan tubuh, ketenangan jiwa, dan kecantikan.Sedangkan manfaat puasa menurut para ilmuwan adalah ketika berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, meremajakan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru, memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh karena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.Dibawah ini adalah pendapat tentang manfaat puasa menurut para ilmuwan.

Manfaat Puasa Menurut Para Ilmuwan

Beberapa ilmuwan yang telah melakukan penelitian tentang puasa. Berikut pendapat mereka secara ringkas :

1. Allan Cott, M.D. Dalam bukunya Why Fast ia membeberkan berbagai hikmah puasa, antara lain : Menjadikan lebih baik secara fisik dan mental, melihat dan merasa lebih muda, membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, lebih mampu mengendalikan seks, membuat badan sehat dengan sendirinya, mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi, memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri , dan memperlambat proses penuaan.

2. Dr. Yuri Nikolayev (Direktur bagian diet Rumah Sakit Jiwa Moskow) : “Menurut saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional.”

3. Alvenia M. Fulton (Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” Amerika Serikat) : Puasa adalah cara terbaik memperindah dan mempercantik wanita secara alami dengan menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Baca juga : Larangan Berkhalwat Menurut Ilmuwan

4. Riyad Albiby and Ahmed Elkadi : Puasa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

5. Jalal Saour : Berkurangnya cairan tubuh saat berpuasa akan menurunkan heart rate atau kerja jantung dan mencegah penggumpalan darah yang termasuk penyebab serius penyakit jantung.

6. Elson M. Haas M.D. (Direktur Medical Centre of Marin) : Puasa juga dapat mengobati penyakit seperti influenza, bronkitis, diare, konstipasi, alergi makanan, asma, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, obesitas, kanker, epilepsi, sakit pada punggung, sakit mental, angina pectoris (nyeri dada karena jantung), panas dan insomnia.

7. Dr Sabah al-Baqir : Puasa dapat mengurangi jumlah hormon pemicu stres. Puasa Ramadhan bukanlah pekerjaan memberatkan, dan tidak mengakibatkan tekanan mental maupun saraf.

Dan masih banyak lagi ilmuwan yang mengemukakan [endapat tentang manfaat puasa. Memang sejak zaman dahulu puasa telah dipakai sebagai pengobatan terbaik. Kata Plato, puasa adalah untuk mengobati sakit fisik dan mental. Jadi puasa memang diakui menjadi penyembuh terhebat dalam menanggulangi penyakit. Bahkan di Amerika ada pusat puasa yang diberi nama “Fasting Center International, Inc”. Mereka merekomendasikan puasa dalam program penurunan berat badan, mengeluarkan toxin, memperbaiki kesehatan mental dan fisik serta meningkatkan kualitas hidup.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2018 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better