Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Al-Qur'an Bagi Kesehatan




 

Dalam waktu 24 jam, manusia melakukan pernafasan secara normal sebanyak 25.000 kali. Pada pria, gerakan pernafasan ini dilakukan 14-16 kali setiap menit sedangkan pada wanita 18-20 kali per menit. Setiap kali bernafas, kita menghirup udara sebanyak ½ liter. Jadi kalau dihitung setiap hari rata-rata kita menghirup udara 25.000 x ½ liter = 12.500 liter/ 12.500.000 cc. Seandainya kita diberi umur sebagaimana Rasulullah SAW, maka berarti seumur hidup kita menghirup udara sebanyak 12.500.000 x 365 x 63 = 287.437.500.000 cc. Dan Allah tidak menyuruh kita membayar ratusan milyar cc udara yang kita hirup tersebut.

Apa pengaruh dan  manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan ? Sebelum menjelaskan tentang manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan, perlu diketahui terlebih dahulu tentang peran nafas.Peran nafas dalam kesehatan tubuh jarang diperhatikan oleh dunia kedokteran. Nafas berhubungan dengan ruh ilahi. Oleh karena itu ada hubungan antara nafas dengan kesehatan karena Allah adalah pencipta manusia. Hubungan nafas dengan kesehatan antara lain:

  1. Nafas adalah perantara kita dilahirkan, dengan izin Allah.
  2. Nafas mengalirkan sifat-sifat Allah dari jantung ke otak, tubuh dan jiwa.
  3. Nafas dapat menyeimbangkan temperatur tubuh.
  4. Nafas sebagai pembawa unsur-unsur kehidupan dari luar tubuh kepada fungsi-fungsi fisiologi dalam tubuh.

Allah telah meniupkan nafas kehidupan dalam diri kita, dan berkat itulah karuniaNya terus diwariskan. Kita berbagi unsur udara yang sama dengan orang lain di planet ini. Mungkin kita menghirup udara yang sama seperti para nabi dahulu dan juga orang-orang yang tinggal jauh  dari kita. Catatan-catatan fisika menuliskan bahwa kita menghirup trilyunan molekul setiap kali bernafas. Molekul yang pernah menjadi bagian seseorang yang pernah hidup di bumi ini. Setiap kali bernafas kita sebenarnya saling menghirup satu sama lain. Masing-masing diri kita mengandung molekul dari diri orang lain yang pernah hidup. Secara harfiah kita semua adalah satu.

Baca juga : Fakta Ilmiah Keajaiban Al-Qur’an Bagi Janin

 

Fungsi Hidung

Hidung adalah alat penciuman serta saluran sederhana yang membawa udara ke paru-paru. Hidung bertugas juga menyaring, membersihkan, menghangatkan dan melembabkan sekitar 15.000 liter udara yang harus masuk ke dalam paru-paru setiap harinya. Paru-paru kita sangat peka terhadap benda asing, sehingga fungsi hidung di sini sangat signifikan. Hidung terletak tepat di atas mulut karena hidung juga berfungsi mengumpulkan informasi tambahan tentang makanan di samping informasi yang diperoleh  oleh lidah.

 

Fungsi Paru-Paru

Kegiatan pertukaran oksigen dengan karbondioksida terjadi di dalam paru-paru, dan dilaksanakan oleh sistem peredaran darah. Pertukaran tersebut terjadi di dalam rongga-rongga kecil di paru-paru yang disebut alveolus. Pertukaran ini terjadi antara udara yang memasukinya dengan darah yang beredar melalui pembuluh kapiler yang bercabang-cabang menyelimuti dindingnya. Jika tubuh beristirahat, sel darah merah akan melewati pembuluh kapiler dalam 0,8 detik, tetapi hanya 0,3 detik sewaktu berolahraga. Sel darah merah akan membuang CO2 dan mengambil O2. Darah yang masuk ke dalam alveolus akan berwarna kebiruan karena kurang oksigen.

Pada pernafasan biasa, tidak semua udara yang ada dalam paru-paru keluar sewaktu kita menghembuskan nafas. Rata-rata masih akan tersisa 150 cc udara kotor. Dengan demikian, ada kotoran-kotoran yang masih tertinggal dalam paru-paru setiap kali kita menghembuskan nafas. Di sinilah manfaat membaca Al Qur’an bagi kesehatan. Membaca Al Quran dengan memperhatikan hukum waqaf dan washal sangat baik bagi proses pembuangan kotoran yang tersisa di saluran pernafasan ini, karena untuk mengikuti hukum-hukum tersebut diperlukan tarikan nafas yang panjang dan kita dipaksa untuk menghembuskan udara sampai habis. Hanya Al Quran lah bacaan yang memperlakukan hukum waqaf dan washal ini, kapan boleh mengambil nafas dan kapan tidak boleh mengambil nafas dan harus tetap meneruskan bacaan.

Pernafasan sangat penting bagi kehidupan. Pernafasan yang tepat merupakan penawar stres dan berakibat positif pada kesehatan fisik kita secara menyeluruh. Jika jumlah udara segar yang masuk paru-paru tidak mencukupi, atau darah kita tidak dibersihkan/dioksigenasi sebagaimana mestinya, hasil pertukaran yang seharusnya dibuang tetap ada dalam sirkulasi darah dan perlahan-lahan meracuni sistem tubuh kita. Darah yang kekurangan oksigen akan berwarna kebiruan dan hitam, serta dapat dilihat melalui warna kulit yang buruk, pencernaan terhambat, organ dan jaringan tuduh memburuk. Kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan ansietas, depresi dan cepat lelah. Kebiasaan bernafas yang tepat penting untuk kesehatan mental dan fisik.

 

Hubungan Makharijul Huruf Dengan Kesehatan

Makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf-huruf Al Quran yaitu hidung, tenggorokan, mulut, lidah dan bibir. Di atas kita sudah membahas hidung. Sekarang ini kita akan membahas lidah dan rongga mulut.

Lidah memiliki alat pengecap yang terletak pada ribuan tonjolan-tonjolannya (papilae) yang disebut puting pengecap. Masing-masing tonjolan ini memiliki 1-5 buah puting pengecap. Indra pengecap ini juga berada di seluruh rongga mulut termasuk bagian bawah lidah. Jumlah puting pengecap ini lambat laun berkurang seiring bertambahnya usia seseorang.

Rongga mulut merupakan pintu masuk utama mikroorganisme, oleh karena itu ia mempunyai banyak faktor yang terlibat dalam struktur pertahanan terhadap kuman patogen (kuman penyebab penyakit). Faktor tersebut yaitu faktor barier anatomi dan fisiologi seperti epitel, aliran air liur dan anatomi gigi, faktor pertahanan seluler misalnya fagositosis (pemakanan) oleh leukosit dan makrofag, faktor imunitas humoral melalui antibodi di dalam air liur dan cairan celah gusi.

Kelenjar air liur mengalir menuju rongga mulut, namun kelenjar ini didesain sedemikian rupa agar mikroorganisme tidak ikut masuk ke dalam kelenjar. Air liur selain mempunyai efek pembersih juga mengandung berbagai senyawa antibakteri.

Membaca Al Quran menjadi sarana latihan bagi organ-organ tersebut di atas untuk bekerja. Olahraga bagi tubuh adalah dengan mengerak-gerakkannya sehingga tubuh menjadi sehat. Demikian pula dengan organ-organ makharijul huruf di atas. Dan cara menggerakkannya adalah dengan membaca Al Quran. Keuntungan lain yang di dapatkan ketika membaca Al Quran adalah dapat merangsang keluarnya air liur yang sangat berperan untuk membersihkan rongga mulut dari mikroorganismr seperti yang telah dijelaskan di atas. Air liur bertindak sebagai pelumas otot lidah, bibir dan pipi. Aliran air liur akan mencuci permukaan mukosa mulut sehingga dapat berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh.

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2017 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better