Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Kondisi Jiwa Adalah Permainan Pikiran

Kondisi Jiwa Adalah Permainan Pikiran




 

“Tenangkanlah jiwamu dari urusan kepentingan dunia, sebab apa yang telah dijanjikan oleh Allah maka janganlah kamu turut memikirkannya”. (Syaikh Ibnu ‘Athoi’Illah)

Kondisi jiwa adalah permainan pikiran belaka, manusia sebenarnya dapat memilih situasi jiwanya sendiri sesuai kehendaknya.Kecemasan atau ketidaktenangan jiwa, kebanyakan disebabkan oleh permainan pikiran yang mengkhawatirkan kejadian-kejadian buruk yang akan menimpa diri kita. Padahal kejadian itu sendiri belum tentu akan terjadi.Akar dari pikiran-pikiran yang buruk tersebut tentunya berhubungan dengan nafsu manusia sendiri. Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang kurang bertawakal kepada Allah dan tidak mau mengamalkan Firman-Nya yang berbunyi: “Barang siapa yang mau bertawakkal (berserah) diri kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi kebutuhannya”. (QS. Ath-Tholaq ayat 3)

Ayat di atas di perkuat lagi dengan Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang berbunyi:
“Seandainya kamu semua bertawakkal kepada Allah dan berserah diri sepenuhnya, niscaya kamu akan mendapat rizqi seperti rizqinya burung-burung yang di waktu pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan kembali dengan perut kenyang”.

Seandainya kita mau berpegang teguh kepada firman Allah dan Hadist Rasulullah sebagaimana tersebut diatas, niscaya jiwa kita akan merasa tenang dan tenteram. Dan hal ini InsyaAllah akan mendatangkan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Selain itu juga terdapat beberapa ayat dan Hadist lain yang patut kita renungkan, agar tercapai ketentraman dan ketenangan jiwa yang kita dambakan. Beberapa ayat dan Hadist tersebut antara lain terdapat dalam:

1. Surat Al-Ahzab ayat 41-42
(Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kamu kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang).

2. Surat Al-Hijr ayat 99
(Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).

3. Surat Hud ayat 6
(Dan tidak ada suatu binatang melatamu di muka bumi ini melainkan Allah yang memberi rizqinya).

4. Surat Al-Ankabut ayat 64
(Adapun kehidupan di dunia ini hanyalah suatu kesenangan dan permainan (yang sifatnya sementara). Tetapi kehidupan akhirat itulah yang kehidupan yang hakiki (sebenar-benarnya) jika mereka mengerti).

5. Surat Al-Qoshosh ayat 88
(Segala sesuatu itu akan hancur binasa, kecuali hanya Allah (Dia Yang Maha Kekal).

6. Surat Ath-Tholaq ayat 3
(Dan barangsiapa yang berserah diri kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya).

7. Surat Al-Mukmin ayat 60
(Berdoalah kepadaKu niscaya Aku perkenankan do’amu).

8. Surat Ath-Tholaq ayat 4
(Barangsiapa yang takut pada Allah, Tuhan akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusan-urusan yang dihadapinya).

9. Surat Al-Hadid ayat 22-23
(Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfudn). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Kami terangkan yang demikian itu supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikannya kepadamu. Dan Dia tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri).

10. Dalam Hadist riwayat Bukhori
(Hendaklah kau di dunia ini seperti orang yang bepergian).
Sungguh demikian besar kasih sayang Allah dan Rasul-Nya, yang memberikan petunjuk untuk kebahagiaan hidup manusia. Tinggal kini, apakah kita mau atau tidak untuk memperhatikan petunjuk-petunjuk tersebut.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2018 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better