Aku bertanya kepada seorang anak yang sedang berjalan sambil membawa lilin, "Dari mana cahaya itu berasal ? Tiba-tiba ia meniupnya lalu berkata,"Katakan kepadaku kemana perginya, maka aku akan mengatakan kepadamu dari mana asalnya."

Al-Khawarizmi, Penemu Aljabar, Algoritma Dan Angka Nol

Al-Khawarizmi, Penemu Aljabar, Algoritma Dan Angka Nol




 

Al-Khawarizmi adalah ilmuwan yang terkenal. Ia adalah seorang matematikawan, astronom, dan ahli geografi. Beliau dilahirkan sekitar tahun 770 di Bukhara, sebuah kota kecil sebelah selatan sungai Oxus di Persia.

Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khawarizmi. Al-Khawarizmi dikenal oleh orang-orang Eropa sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi, al-Ahawizmi, dan lain-lain.

Al-Khawarizmi membuat karya yang sangat banyak. Di bidang geografi ia membuat bola dunia peta dunia, lengkap dengan perhitungan keliling bumi.

Di bidang matematika, ia membuat kitab yang berjudul al-Jabr wa al-Muqabilah. Kitabnya itu kelak menjadi rujukan utama ilmu aljabardi seluruh dunia. Beliau pernah memperkenalkan angka-angka India dan cara-cara perhitungan India pada dunia Islam.

Al-Khawarizmi, Penemu Aljabar, Algoritma Dan Angka Nol

Beliau juga yang memperkenalkan angka 0 pertama kali. Angka 0 adalah angka yang terakhir ditemukan. Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh yang pertama kali memperkenalkan aljabar dan hisab. Beliau belajar banyak pengetahuan di bidang matematika dan menghasilkan konsep-konsep matematika yang begitu populer, yang masih digunakan hingga saat ini.

Al-Khawarizmi mengembangkan konsep algoritma dalam matematika. Oleh karena itu, dia disebut sebagai bapak ilmu komputer oleh beberapa orang. Algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputera atau informatika.

Al-Khawarizmi juga menyusun kitab tentang astronomi. Dia telah menciptakan pemakaian Secans dan Tangen dalampenyelidikan trigonometri dan astronomi. Karena kepakarannya, al-Khawarizmi dipercaya untuk memimpin perpustakaan khalifah.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Jawab Pertanyaan Ini :

Sufistik © 2017 All Rights Reserved

Perjalanan Ruhani Menuju Ilahi

Designed by wpshower

Powered by WordPress

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better